Senin, 09 Mei 2016

Hortatory Exposition: Pengertian, Fungsi, dan Struktur Beserta Arti dan Contohnya


Hortatory Exposition
What is Hortatory Text?
Hortatory exposition is a text to persuade the reader or the listener that something should or should not be the case.
Dengan kata lain, hortatory exposition merupakan sebuah teks yang berfungsi untuk memberikan argumen terhadapa suatu hal dan dengan tujuan mempengaruhi atau memberikan persepsi baru kepada pembaca maupun pendengar. 
What is the function of Hortatory Exposition?
Hortatory exposition aim is to convince the reader or listener to something that should happen or not happen.
Dalam kata lain Hortatory expostion memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca maupun pendengar terhadap sesuatu hal yang seharusnya terjadi atau tidak terjadi.


       What Generic Structure of Hortatory Exposition?

  • Thesis : Thesis merupakan sebuah paragraf yang berfungsi untuk memaparkan akan suatu hal yag terjadi. mengenalkan masalah atau tema apa yang aka diangkat.
  • Arguments : Pada bagian ini penulis mulai menyampaikan beberapa argumen ataupun alasan mengenai permasalahan atau tema yang diambil.
  • Recommendation : Berisi rekomendasi, disini penulis atau penutur mulai meyakinkan si pembaca terhadap sudut pandang nya.
      Exemple: The Govenment Should Provide Rehabilitation Programme For Drug User 

  • Thesis :
Today many teenagers who are addicted to drugs, rehabilitation is a step that can be taken to deal with teens who already use drugs, because in the rehabilitation they will get the help and treatment of drug dependence problems. In this process the government should support this, addicts must get supervision and attention from the government so that they can be cured
Saat ini banyak remaja yang mengalami ketergantungan terhadap narkoba, rehabilitasi merupakan langkah yang dapat ditempuh untuk menanggulangi remaja yang terlanjur menggunakan narkoba, karena didalam rehabilitasi mereka akan mendapatkan bantuan dan penanganan masalah ketergantungan narkoba. Dalam proses ini pemerintah haruslah mendukung akan hal ini, para pecandu narkoba harus mendapatkan pengawasan dan perhatian dari pemerintah agar mereka dapat disembuhkan.
  •  Argument 1
I think that rehabilitation must have the support of the government for drug addicts should indeed get a proper treatment so that they can be free of drug dependence.
Menurut saya rehabilitas memang harus mendapat dukungan dari pemerintah karena para pecandu narkoba memanglah harus mendapatkan penanganan yang benar agar mereka dapat terbebas dari ketergantungan narkoba.
  •  Argument 2
Government must support rehabilitation to help drug addicts so that they can be accepted back in society and be able to return to live their lives normally again without drugs.
Pemerintah memang harus mendukung rehabilitasi untuk membantu para pecandu narkoba agar mereka dapat diterima kembali didalam lingkungan masyarakat dan dapat kembali menjalani hidup mereka dengan normal kembali tanpa narkoba.
  •  Recommendation
I think in addition to government rehabilitation program must also launched programs to support drug abusers who had recovered to be able to get a new life away from drug problems. 
Menurut saya selain melakukan program rehabilitasi pemerintah juga harus mencanangkan program-program yang dapat mendukung para pecandu narkoba yang sudah sembuh untuk bisa mendapatkan kehidupan baru yang jauh dari permasalahan narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar